10 Desember 2019

Tetap Berhati-hati Transaksi menggunakan Telegram agar tetap Aman

Didalam kemudahan dan kecepatan transaksi pulsa menggunakan aplikasi Telegram ternyata menyimpan sebuah kekhawatiran yang begitu menakutkan. Sebuah ibarat pepatah tak ada gading yang tak retak. Kelemahan dari transaksi mengguanakan aplikasi Telegram ini ialah masalah keamanan. Diluar sana masih ada saja segelintir orang yang memanfaatkan celah salah satu system pengiriman pesan untuk digunakan dalam kejahatan atau penipuan. Biasanya Penipu meminta kode login/verifikasi kepada kita seperti halnya kita pada awal registrasi akun Telegram.

Modusnya bisa mengirim pesan lewat telegram, SMS atau langsung telphone dengan meminta kode verifikasi dengan berbagai cara.




Bisanya si Penipu berusaha login ke Akun Telegram menggunakan No HP kita, kemudian akan muncul ke SMS atau pesan dari Telegram seperti gambar diatas. Terdapat code Login atau Kode masuk dengan lima angka sperti pada gambar yang ditandai lingkaran merah.

Kalo kita sampai memberi tahu kode login tersebut, tamatlah kita. mereka dengan sesuka hatinya bisa menguras semua saldo pulsa di serevr Bintara Cell. Jangan biarkan ini terjadi. caranya abaikan saja kalau ada pihak2 teretntu yang meminta kode login walaupun dia mengaku ngaku dari telegram, dari server pulsa tertentu atau dari mana saja. Abaikan saja.

Ada juga yang menggunakan modus dengan telpon dari luar negri dengan awalan +44, +1 dsb.... Jangan diankat. Karena kalo diangkat mereka akan dengan mudah menemukan kode login/verivikasi yang mereka inginkan



karena lima nomer terakhir adalah kode login yang bisa digunakan untuk mengkloning akun telegram kita. Pada beberapa kasus kemudian ada seseorang yang menelpon dengan nomer biasa bisa XL, Indosat, Telkomsel atau yang lainnya. Ingat gak usah di kasih tahu nomer telpon luar negri yang diawali +11, +44 tersebut. Karena nomertersebut dikatakn hendak menipu. Padahal dia sendiri yang mau nipu, Jika kita mengatakan nomer legkap dari nomer luar negri tersebu, mereka akan ambil lima nomor terakhir untuk login ke Akun Telegram milik kita menggunakan perangkat mereka.

  • Kita harus tetap hati-hati dan waspada, jangan pernah berikan kepada siapapun kode login, kode OTP/verifikasi ini sama halnya kita menjaga jaga PIN kartu ATM kita.
  • Jika anda tidak merasa sedang login atau mendaftar seperti di atas namun mendapatkan kode login, kode OTP, tidak perlu panik, waspada saja dan abaikan saja
  • Jika ada yang menelepon anda dan meminta kode tersebut, mohon diingat, jangan pernah berikan. Karena tanpa kode login tersebut takan bisa meng-kloning akun telegram milik kita.
INGAT!! Kejahatan bukan saja karena ada niat pelakunya tetapi juga karena kesempatan. Waspadalah, waspadalah. 
logoblog
Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar